SMP Negeri 3 Mandau Tingkatkan Pendidikan Berkarakter Lingkungan

SMP Negeri 3 Mandau Tingkatkan Pendidikan Berkarakter Lingkungan

Duri – Salah satu tujuan pendidikan berkarakter yang giat dilakukan SMP Negeri 3 Mandau ini adalah untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan disekolah melalui pendidikan berkarakter peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang sesuai standart kompetensi lulusan. Sebagai contoh, aneka ragam buah-buahan ditanam di pekarangan SMP Negeri 3 Mandau untuk membentuk pendidikan karakter peduli lingkungan.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya pelan-pelan kita akan menerapkan pendidikan berkarakter ini. Mulai Senin (3/10) lalu kita sudah sampaikan kepada para siswa dan guru, bahwa sekolah telah menerapkan pendidikan berkarakter. Untuk nilai karakter dalam hubungan manusia dengan lingkungan kita buat taman buah-buahan,” kata Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Mandau, Edi Sakura S.Pd, M.Pd kepada Halloriau.com, Rabu (5/10).

Taman buah-buahan seperti lengkeng, kedondong, jambu jamaika, mangga dan jeruk manis sudah satu minggu di tanam dipekarangan sekolah. Bahkan sudah ditunjuk tim yang akan mengawasi perkembangan tanaman buah-buahan tersebut. Sejak ditanam, buahan tersebut sama sekali tidak dipetik oleh siswa. Padahal buahnya sangat disukai semua orang.

“Kita tim lingkungan yang bertanggung jawab penuh mengawasi para siswa dalam pendidikan karakter lingkungan. Alhamdulillah sejak ditanam beberapa hari yang lalu sampai saat ini, tidak ada tangan siswa yang jahil. Buah-buahan itu hanya diperhatikan dari kejauhan. Kita akan nilai apakah siswa sanggup atau tidak untuk tidak memetik buah-buahan ini,” kata Wirdamilis menambahkan sebagai tim pendidikan karakter lingkungan.

Para tim ini, lanjutnya, juga bekerja sama dengan wali kelas untuk mengajak masing-masing kelas membuat taman khusus. Namun hal itu jika seandainya masih banyak lahan yang kosong dan bisa ditanamkan beberapa jenis tanaman. “Dengan adanya taman itu nanti, para siswa akan bertanggung jawab penuh untuk memelihara tanaman mereka. Itu bisa masuk pada nilai karakter tanggung jawab,” paparnya. (Eric)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *