SMP Negeri 3 Mandau Olah Sampah Organik Jadi Kompos

SMP Negeri 3 Mandau Olah Sampah Organik Jadi Kompos

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Mandau Edi Sakura S.Pd, M.Pd (paling kiri) bersama tim Adiwiyata sedang menunjukkan kompos.

Duri – Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 3 Mandau memanfaatkan sampah organik maupun anorganik menjadi bermanfaat bagi lingkungan sekolah maupun masyarakat sekitar. Dengan memanfaatkan dedaunan dan rumput liar untuk dijadikan pupuk kompos, para siswa bisa membudidayakan tanaman di lingkungan sekolah. Pupuk kompos ini juga akan dijual kepada masyarakat. Pemanfaatan sampah ini merupakan salah satu program Adiwiyata yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 3 Mandau.

Untuk pengolahan dedaunan menjadi kompos, SMP Negeri 3 Mandau memiliki tim tersendiri. Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekola SMP Negeri 3 Mandau Edi Sakura S.Pd, M.Pd kepada MRNetwork, Senin (9/4) saat sedang melakukan penanaman pohon Trambesi di pekarangan belakang sekolah.

“Hasil kompos saat ini merupakan hasil yang kedua, kalau hasil kompos yang pertama kita pakai untuk kesuburan tanaman yang ada di sekolah saja, kan masih dalam tahap uji coba. Gak tahunya berhasil, jadi untuk hasil kompos yang kedua ini akan kami plastikkan dan dapat dijual kepada masyarakat dilingkungan sekolah. Siswa-siswi kami pun juga terlibat dalam pengolahan kompos tersebut,” ujar Edi sambil memperlihatkan hasil kompos yang sudah jadi dan siap untuk dikemas dalam plastik.(Eric)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *